Juni 14, 2021

Website Resmi MTS N 3 Purworejo

Terwujudnya Insan Berakhlakul Karimah, Cerdas bidang Imtaq dan Iptek serta Berwawasan Lingkungan

Penari MTs N 3 Purworejo Juara Lomba Gelang Projo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Badan Otorita Borobudur (BOB) Lomba Tari Tradisional Gelang Projo, yang diselenggarakan di Destinasi Digital Pasar Menoreh, Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Sabtu (19/10/2010) sore. Dalam kompetisi tersebut grup tari MTs Negeri 3 Purworejo berhasil menyabet juara pertama.

Lomba tersebut diikuti 14 peserta sekolah SD dan SMP di wilayah penyangga BOB. Peserta merupakan grup tari lintas kabupaten, meliputi wilayah Purworejo, Magelang dan Kulonprogo.

Mereka menarikan Dolalak yang merupakan tarian khas Purworejo dan Angguk seni khas Kulonprogo. Peserta menari dihadapan lima dewan juri, terdiri atas seniman tari, pemerhati anak dan perwakilan BOB.

Sementara itu, juara II lomba diraih grup tari SD Mudalrejo Loano dan juara III SD Negeri 1 Guyangan Loano. Sementara juara favorit diraih penari SD Negeri Sedayu Loano.

Direktur BOB Indah Juanita mengatakan, lomba tersebut diselenggarakan untuk melestarikan seni budaya yang tumbuh di kecamatan penyangga kawasan otoritatif. “Tentu dengan harapan seni itu terus tumbuh lestari dan bisa menjadi daya tarik di kawasan otoritatif,” ungkapnya usai membuka lomba.

Menurutnya, seni tradisional akan memperkaya keragaman travel pattern atau pola perjalanan yang dapat dinikmati turis apabila berkunjung ke kawasan BOB. Pemerintah, katanya, menargetkan kunungan 1 juta wisatawan mancanegara ke destinasi Super Prioritas Borobudur, setelah Yogyakarta International Airport (YIA) beroperasi secara penuh tahun 2020.

Lomba Tari Gelang Projo, katanya, merupakan embrio dan harus menjadi kompetisi yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun. “Harapan kami untuk pelaksanaan berikutnya, lebih banyak lagi yang bisa ambil bagian,” ucapnya.

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo Agung Pranoto mewakili Kepala Dinparbud Agung Wibowo AP menuturkan, lomba tersebut memberi nilai positif bagi pengembangan seni tradisional, khususnya di Purworejo. Selain itu, keberadaanya bisa menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan yang akan berkunjung.

Peserta lomba dari SD Mangguljoyo Desa Cacaban Kidul Kecamatan Bener, Nawang mengaku tidak kesulitan menarikan Dolalak kreasi baru. Meski pada awalnya grogi, katanya, namun pentas bisa berjalan lancar hingga akhir batas waktu yang ditentukan. “Senang bisa ikut kompetisi, apapun hasilnya, sudah yang terbaik,” kata siswi kelas V itu. (Jas)

sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/kedu/penari-mtsn-3-purworejo-juara-lomba-gelang-projo/