Juni 14, 2021

Website Resmi MTS N 3 Purworejo

Terwujudnya Insan Berakhlakul Karimah, Cerdas bidang Imtaq dan Iptek serta Berwawasan Lingkungan

Pelaksanaan PAT Online di MTs Negeri 3 Purworejo pada Masa Pandemi Corona

Pandemi covid-19 tidak menghalangi MTs Negeri 3 Purworejo untuk melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2019/2020 sesuai kalender pendidikan. Hanya saja, pelaksanaan PAT tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sesuai protokol penanganan covid-19 yang mewajibnya siswa menjalani social distancing dan physical distanching, MTs Negeri 3 Purworejo menyelenggarakan PAT secara online yang dikerjakan siswa dari rumahnya masing-masing dengan menggunakan HP, laptop, maupun komputer.

Pelaksanaan PAT online di MTs Negeri 3 Purworejo ini dengan memanfaatkan aplikasi google formulir. Team IT MTs N 3 Purworejo melakukan pelatihan pemanfaatan google form, hal ini dilakukan untuk mensikapi kondisi pandemi corona, di bulan April 2020 MTs Negeri 3 Purworejo. pengembangan alat evaluasi belajar siswa berbasis teknologi informasi dan internet”, ungkap Team IT MTs Negeri 3 Purworejo Nur Hidayah, MSI, dan Rochayati, S.Pd Lebih lanjut mengatakan “ Alhamdulillah, karena pelaksanaan kegiatan tersebut guru-guru sudah lancar dalam pembuatan soal dengan aplikasi google formulir pengelolaan nilainya. Jadi evaluasi dengan cara ini bukan hal baru bagi guru maupun siswa MTs Negeri 3 Purworejo karena sudah dilaksanakan di bulan April Demikian juga saat mulai diberlakukannya kegiatan belajar daring pada bulan Mei 2020, seringkali guru melakukan evaluasi belajar siswanya dengan cara ini.”

Teknis pelaksanaan PAT online di bawah kendali Waka kurikulum sesuai dengan jadwal. Link dan token soal PAT dari pembuat soal (guru mata pelajaran) dibagikan Team Kurikulum ke group WA guru. Selanjutnya guru yang merupakan wali kelas meneruskan link tersebut ke group WA kelasnya. Wakil Kepala bidang kurikulum MTs Negeri 3 Purworejo, Zainal A, S.Pd, M.M.Pd. mengatakan “Berdasarkan hasil pemantauan pelaksanaan PAT online selama dua hari pertama kemarin (Selasa dan Rabu tanggal 2 dan 3 Juni 2020 ), PAT daring berjalan lancar. Antusias siswa dalam mengikuti PAT daring sangat baik terbukti dengan keikutsertaan siswa dalam PAT ini lebih dari 99% dilihat dari kiriman jawaban yang masuk. Orang tua siswa juga sangat mendukung, beberapa wali kelas melaporkan, siswa di kelasnya yang pada pembelajaran daring sebelum PAT ada yang terkendala tidak memiliki HP atau kehabisan kuota. Tetapi pada saat PAT online ini orang tuanya sudah membelikan HP dan menyiapkan kuota buat puta-putrinya. Mudah-mudahan penyelenggaraan PAT ini lancar sampai hari terakhir.” ( *Team Pengkur*)